Welcome To My Blog :)

Jumat, 28 Juni 2013

CPT PLI 85 Warga Purwakarta Kesulitan Mendapatkan Air Bersih


Kondisi air bawah tanah di sejumlah lokasi di kabupaten Purwakarta, Jawa barat diduga sudah berada dalam kondisi kritis. Hal itu disebabkan eksploitasi yang tiada henti oleh ratusan industri yang memiliki izin dan illegal. Pemerintah kabupaten purwakarta tidak bisa berbuat banyak mengatasi kondisi itu karena solusi penyediaan air buat industri oleh PAM belum tersedia.

Untuk memenuhi kebutuhan air baku ratusan industri yang sumbernya diambil dari air permukaan waduk jatiluhur . Dampak yang ditimbulkan akibat dari eksploitasi air bawah tanah adalah lingkungan kita akan cepat rusak. Untuk mengantisipasi pencurian sumber sumber air bawah tanah secara berlebihan oleh pihak industri  pihak pemerintah  makin memperketat pemberian izin dan melakukan sidak ke tiap tiap perusahaan yang diduga memiliki sumur artesis.

Selain itu dampak kesulitan mendapat air bersih dirasakan oleh warga di desa babakancikao kabupaten purwakarta kondisi itu terjadi akibat sumur sumur dan sumber air sekitar yang mongering sejak musim kemarau berkepanjangan. Untuk memenuhi kebutuhan air sehari hari warga setempat terpaksa membeli air dari penjual air keliling. Sebagian wilayah di Purwakarta untuk memenuhi kebutuhan air warga memanfaatkan sumber air bekas galian tanah sekalipun kondisi airnya jauh dari bersih, namun keberadaan sumber air bekas galian sangat membantu warga.
tentang pembangunan di bidang air minum dan sanitasi untuk mempercepat target tujuan pembangunan millennium karena kesadaran masyarakat dalam menjaga sanitasi air di Indonesia masih sangat rendah.

Untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup terutama dalam masalah sanitasi ir di purwakarta. Sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia. PEMKAB Purwakarta menggelar kerjasama dengan lembaga kerjasama Amerika – Indonesia (USAID) dan indonesia Urban Water, Sanitation and hygiene (IUWASH). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar