Welcome To My Blog :)

Jumat, 28 Juni 2013

CPT PLI 70 Dibalik Seramnya Nusakambangan Cilacap

Cilacap merupakan salah satu kabupaten terluas di provinsi Jawa Tengah dengan luas wilayahnya sekitar 6,6% dari total wilayah Jawa Tengah. Cilacap berbatasan dengan kabupaten Brebes dan Kabupaten Banyumas di utara,Kabupaten kebumen di timur,Samudra Hindia di selatan ,serta Kabupaten Ciamis,kota Banjar dan kabupaten Pangandaran di sebelah Barat.

Di Kabupaten ini juga terdapat pulau tertutup yang merupakan Lembaga pemasyarakatan kelas 1 yaitu Nusa Kambangan.  Pulau Nusakambangan merupakan salah satu kawasan pantai selatan Kabupaten Cilacap yang di pisahkan oleh selat Segara Anakan yang merupakan Laguna yang unik  yang memisahkan dengan daratan Pulau Jawa.


Tidak hanya pantai saja,ternyata di Cilacap ada tempat yang unik yakni Gunung Selok yang merupakan kawasan perbukitan dan hutan seluas lebih dari 100 hektar.untuk mencapai gunung selok tidak bisa menggunakan kendaraan bermotor . selain sungai dan rawa , sempitnya jalan sehingga ke lokasi harus berjalan kaki.di dalamnya terdapat gua yang bernama Gua Naga Raja yang di keramatkan oleh masyarakat setempat.
Gua Naga Raja menjadi tempat yang nyaman bagi ribuan kelelawar . tidak sedikit orang berdatangan yang bertujuan untuk berziarah guna mencari berkah dan keselamatan .gua ini juga yang menjadikan Gunung Selok sebagai gunung keramat .
Namun semua keindahan itu sudah mulai di rusak oleh oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab.salah satu contohnya adalah pembalakan marak terjadi di kawasan Nusakambangan Barat dan Nusakambangan Tengah yang merupakan wilayah konsevasi yang di awasi BKSDA Provinsi Jateng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar