Welcome To My Blog :)

Senin, 18 Maret 2013

Stop Mengkonsumsi Junk Food


Junk food (makanan nirnutrisi) adalah istilah untuk mendeskripsikan makanan yang tidak sehat atau memiliki kandugan nutrisi yang sedikit. Junk food kurang baik untuk dikonsumsi karena dapat merusak kesehatan kita namun kadang-kadang kita memang tidak bisa menolak godaan untuk menikmati gurihnya kentang goreng atau burger dengan lelehan keju dan mayones.
Aromanya saja sudah membuat kita tergoda untuk mengkonsumsinya. Sesekali menikmati junk food tidak menjadi masalah serius untuk kesehatan. Yang menjadi masalah jika kita menjadikan junk food sebagai makanan sehari-hari.
Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, VA mengatakan bahwa makanan seperti karbohidrat dari tepung pati, cookies dalam kemasan, keripik kentang, minuman bersoda yang manis, serta burger dan kentang goreng, tidak hanya menambah lapisan lemak di dalam tubuh. Jenis makanan ini juga dapat menimbulkan gangguan fisik yang membuat kita merasa tidak nyaman.
Terlalu banyak mengkonsumsi junk food dapat menyebabkan efek samping sebagai berikut :
Menyumbat arteri dan menurunkan aliran darah
Tim peneliti dari Universityof Montreal, Kanada, mengatakan bahwa walaupun kita hanya mengkonsumsi satu jenis junk food saja dapat menyebabkan arteri menjadi tersumbat dan menurunkan aliran darah. Juga berisiko serangan jantung, karena jantung harus bekerja lebih keras dalam mempompa darah melalui arteri yang sempit.
Keriput sebelum waktunya
Efek buruk junk food ternyata tidak cuma pada berat badan, tetapi juga pada wajah. Gula, lemak trans (yangbiasanya digunakan untuk memperpanjang masa berlaku beberapa makanan kemasan), dan tepung bisa menyebabkan insulin melonjak naik dan memicu peradangan. Reaksi kimia yang terjadi ketika molekul gula menyerang protein atau lemak jenuh ini mempercepat proses penuaan dengan cara menonaktifkan antioksidan di dalam tubuh sehingg kita menjadi rentan terhadap kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan membuat wajah lebih cepat keriput.
Sembelit
Roti tawar, nasi, dan produk lain yang berbahan dasar tepung pati, dapat menyebabkan sembelit karena kandungan seratnya yang rendah. Padahal serat berfungsi menggerakkan segala sesuatu melalui tubuh. Jika kita mengalami dehidrasi, kondisi sembelit akan semakin parah.
Mulas
Mengkonsumsi junk food yang terlalu banyak bisa memicu gangguan asam lambung. Makanan yang tinggi kadar lemak jenuhnya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga menyebabkan kelebihan asam lambung terdorong naik ke kerongkongan ketika tiba waktu makan selanjutnya sehingga kita menjadi merasa mual dan mulas.
Pusing
Rasa pusing setelah kita mengkonsumsi junk food dipicu oleh tyramine. Tyramine adalah bahan kimia yang terbentuk dalam pemecahan protein tertentu pada pewarna makanan dan nitrat (seperti yang terdapat pada hot dogs dan daging olahan lain). Para ahli mengatakan bahan-bahan ini meningkatkan aliran darah ke otak kemudian menyebabkanperubahan pembuluh darah yang menimbulkan rasa pusing.
Kembung
Berbagai makanan olahan yang digunakan pada junk food mengandung kadar sodium yang tinggi. Sodium merupakan penyebab utama perut kembung. Hal ini disebabkan karena sodium mengatur jumlah darah dalam pembuluh darah, dan sifatnya mengikat air. Asupan sodium yang tinggi akan menarik air dari sel-sel tubuh sehingga menyebabkan tubuh menahan lebih banyak cairan sebagai kompensasinya. Minuman soda diet akan membuat kondisi tubuh semakin parah, karena gelembung (yang mengandung udara) dan pemanis buatan (yang menyebabkan gas) sama-sama memicu kembung.
Untuk Anda yang suka mengkonsumsi junk food tentunya akan sulit untuk tidak mengkonsumsinya kembali akan tetapi sebaiknya ikutilah tips aman mengkosumsi junk food berikut ini :
Pilihlah nasi sebagai makanan pokok ketika pergi ke restoran siap saji
Kurangi porsi dan ukuran makanan
Mengganti soft drink dengan air mineral atau jus buah
Kurangi konsumsi saus dan mayonnaise
Kurangi frekuensi makan junk food
Jangan mengkonsumsi kulit ayam
Konsumsi salad
Semoga Bermanfaat (Soraya Dayanti Putri)

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Junk_food
http://mietha.wordpress.com/2008/04/19/tips-aman-mengkonsumsi-junk-food/
http://www.teknologisederhana.com/2012/03/jangan-makan-junkfood-kalau-tidak-ingin.html
http://m.jaringnews.com/index.php/hidup-sehat/umum/26631/junk-food-tak-baik-untuk-arteri-walau-cuma-makan-sekali
http://www.teknologisederhana.com/2012/03/jangan-makan-junkfood-kalau-tidak-ingin.html
http://food.detik.com/read/2012/05/28/145217/1926455/900/mudah-sedih-hindari-junk-food

Tidak ada komentar:

Posting Komentar