Welcome To My Blog :)

Selasa, 19 Maret 2013

Bijak Menggunakan Kertas


Apakah Anda tahu, berapa batang pohon yang dihabiskan untuk menghasilkan tisu yang Anda gunakan selama ini? Berapa batang pohon yang digunakan untuk menghasilkan kertas yang Anda pakai setiap bulannya?
Untuk menghasilkan 15 rim kertas A4, maka harus menebang satu pohon yang sudah berusia sepuluh tahun. Satu pohon mungkin memang terdengar sedikit, tetapi jika kertas tersebut digunakan di kantor, sekolah, kampus dan tempat-tempat lainnya berapa banyak kertas yang dipergunakan setiap harinya? Sangat banyak sekali!
Belum lagi kertas yang digunakan untuk memfotokopi dan mencetak terkadang menjadi tumpukan di tempat sampah karena ada sedikit cacat pada tulisan atau kesalahan ketika dimasukan ke mesin fotokopi. Padahal, satu pohon menghasilkan 1,2 kg oksigen setiap hari dan kebutuhan setiap orang adalah 0,5 kg oksigen per hari. Berarti, demi 15 rim kertas A4, jatah oksigen harian dua orang harus dikorbankan.
Penggunaan kertas untuk kebutuhan manusia memang sangat tinggi. Untuk tisu pembersih misalnya, memo, dokumen, surat, dan lain sebagainya. Alangkah besarnya emisi gas rumah kaca yang tereduksi, jika gerakan hemat kertas itu benar – benar dilaksanakan. Apalagi jika gerakan tersebut tidak hanya dilakukan di Amerika saja, tetapi di semua negara. Betapa senangnya bumi kita.
Dari tahun 2000 sampai 2005, laju kehilangan dan kerusakan hutan di Indonesia setara dengan 364 lapangan bola/jam. Menurut Media Informasi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan, setiap hari sampah kertas di dunia paling tidak setara dengan 27.000 batang kayu. Jika kondisi seperti itu terus berlanjut, semakin lama hutan dunia akan semakin gundul, dan paru-paru bumi akan lenyap.
Sebenarnya kita juga bisa ikut berkontribusi dalam menyelamatkan bumi dari polusi dan kehancuran. Salah satu caranya yaitu dengan gerakan penghematan kertas. Barangkali Anda sudah sering mendapatkan tips menghemat kertas, seperti mengurangi penggunaan tisu dan beralih ke sapu tangan atau kain serbet, mencetak teks secara bolak-balik, mempraktikkan prinsip reduce (mengurangi), reuse (memakai ulang), recycle (mendaur ulang) dan lain sebagainya. Ya, itulah beberapa cara yang memang harus kita lakukan, agar produksi sampah kertas berkurang jumlahnya.
Ada satu cara lain yang sangat efektif untuk menghemat penggunaan kertas, yaitu dengan memanfaatkan teknologi komputer. Dengan komputer dokumen dapat dibuat dan disimpan dalam bentuk file. Ditambah lagi, sekarang ini teknologi internet sudah sedemikian berkembang. Melalui internet segala informasi bisa ditransfer dengan mudah tanpa harus mencetak file.
Oleh karena itu, sebaiknya tambahkan juga aplikasi internet ke dalam computer Anda. Karena selain dapat menghemat kertas, pekerjaan pun akan semakin cepat dan mudah diselesaikan.
Try to be a paperless community! And you will be the savior of the earth. (Soraya Dayanti Putri)
Sumber :
http://www.greensmileid.com/bijak-menggunakan-kertas-selamatkan-bumi/
http://www.wwf.or.id/tentang_wwf/upaya_kami/iklim_dan_energi/solusikami/kampanye/gaya_hidup_hijau/tips_bijak_terhadap_sampah_batu_baterai/bijak_menggunakan_sampah_kertas.cfm
http://www.djkn.depkeu.go.id/content/berita/lainnya/dukung-go-gr-2-2-2-2.html
http://sriiwijayanti.blogspot.com/2012/01/saatnya-bijak-menggunakan-kertas.html
http://www.buletinbelantara.com/2012/05/gunakan-kertas-dengan-bijak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar