Welcome To My Blog :)

Senin, 18 Maret 2013

Plus Minus Bekerja Keras


Bekerja  adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh seseorang dengan maksud memperoleh atau membantu memperoleh pendapatan atau keuntungan. Bekerja keras yaitu bekerja dengan gigih dan sungguh-sungguh untuk mencapai suatu tujuan atau prestasi yang disertai dengan berserah diri (tawakal) kepada Tuhan.
Dengan bekerja keras, hidup kita akan menjadi lebih bermakna. Tanpa bekerja keras, kita tidak mungkin menjadi sukses dan mampu mengemban amanat yang Tuhan bebankan kepada kita karena tidak ada kesuksesan dan kemuliaan bagi orang yang malas.
Berikut adalah berbagai macam manfaat yangdapat kita peroleh dari bekerja keras, yaitu :
Dapat menghasilkan sesuatu yang lebih baik
Dapat mengembangkan potensi diri
Dapat membentuk pribadi yang bertanggung jawab
Dapat mengangkat harkat dan martabat
Dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan
Dapat mencukupi kebutuhan hidup
Menjadi lebih diakui oleh orang lain
Mendidik untuk menjadi mandiri dan tidak manja
Namun apabila kita terlalu keras bekerja, sistem kerja tidak teratur, setiap hari lembur dan tidak menyediakan waktu untuk beristirahat maka ketika kesuksesan karir kita raih mengakibatkan kesehatan memburuk.
George Griffing, M.D., profesor pengobatan internal dari Saint Louis University, Filipina, seperti dikutip dari Times Of India mengatakan bahwa "Banyak orang menekan dirinya sendiri untuk hidup dengan tidak sehat demi mengejar kesuksesan. Tetapi, tekanan kerja tinggi dan jam kerja yang panjang, bisa membawa seseorang ke dalam masalah kesehatan serius bahkan bisa memperpendek umur”
Bahaya yang diakibatkan dari terlalu keras bekerja bukan hanya terjadi pada kesehatan fisik tetapi juga psikologis.Berikut adalah beberapa bahaya yang ditimbulkan akibat bekerja terlalu keras :
Menghalangi Kreativitas
Apabila kita terlalu sibuk bekerja dengan rutinitas yang itu – itu saja, dapat mengakibatkan tidak berkembangnyakreativitas yang kita miliki. Apabila kreativitas kita tidak berkembang makakita akan kesulitan untuk menciptakan atau mengembangkan sesuatu.
Lupa Bersantai
Stres karena pekerjaan dalam kadar tertentu memang cukup baik untuk 'memaksa' kia tetap bekerja dan termotivasi. Tetapi, jika dibiarkan begitu saja, kehidupan hanya akan dilingkupi stress. Emosi pun menjadi tidak stabil.
Tidak bisa menikmati makanan
Makanan selezat apapun tidak akan bisa kita nikmati jika dikonsumsi di depan komputer, sambil conference call atau menyelesaikan deadline.
Waktu tidur yang singkat
Kurang tidur membuat emosi seseorang tidak stabil, kurang konsentrasi, bermasalah dengan memori dan cenderungmembuat keputusan kurang tepat. Padahal hal itu sangat dibutuhkan oleh seorang profesional.
Minum kopi berlebihan
Orang yang gila kerja seringkali minum kopi dalam jumlah banyak. Jika dilakukan terus-menerus risiko serangan jantung, gangguan pencernaan, kecanduan dan bahkan penuaan dini makin tinggi.
Bekerja keras memang sangat dianjurkan namun jangan sampai kita sibuk bekerja hingga melupakan kesehatan diri kita sendiri karena kesehatan mahal harganya dan mungkin lebih mahal dari kesuksesan kita. (Soraya Dayanti Putri)

Sumber :
http://www.purwakarta.org/index.php/2006/06/14/bekerja-keras-dengan-ikhlas-dan-cerdas/
http://baihaqieducation.blogspot.com/2012/04/akhlak-terpuji-kerja-keras-tekun-ulet.html
http://sulungthebest.blogspot.com/p/blog-page.html
http://galerbis.blogspot.com/2012/07/fakta-nyata-tentang-kerja-keras.html
http://artikelkarir.com/read/akibat-bekerja-terlalu-keras.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar