Welcome To My Blog :)

Senin, 18 Maret 2013

Perokok Aktif Vs Perokok Pasif


Rokok adalah silinder kertas berisi daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara untuk dihisap asapnya lewat mulut pada ujung lainnya. Perokok aktif yaitu orang yang mengisap batang rokok yang dibakar.
Perokok pasif yaitu seorang penghirup asap rokok dari orang yang sedang merokok. Perokok pasif lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif karena bahaya yang harus ditanggung perokok pasif tiga kali lipat dari bahaya perokok aktif.
Zat bebahaya dalam asap rokok yang dihisap perokok pasif adalah 2 kali lebih banyak nikotin, 5 kali lebih banyak karbon monoksida, 3kali lebih banyak tar, 50 kali lebih zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan.
Zat berbahaya yang berada di dalam tubuh perokok pasif lebih besar daripada perokok aktif karena racun yang terhisap melalui asap rokok perokok aktif tidak terfilter sedangkan racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melalui ujung rokok yang dihisap.
Namun zat berbahaya dalam tubuh perokok aktif bisa meningkat jika perokok aktif kembali menghirup asap rokok yang ia hembuskan. Racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap sebab asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna.
Berbagai penyakit yang dapat timbul dari kebiasaan merokok, di antaranya adalah kanker perut, kanker usus, kanker rahim, kanker pankreas, kanker payudara, kanker paru-paru, penyakit saluran pernafasan kronik, stroke, osteoporosis (pengeroposan tulang), penyakit jantung, kemandulan, melahirkan bayi yang cacat, keguguran bayi, bronkitis, otot lemah, penyakit gusi, kerusakan mata, dan masih banyak lainnya.
Melarang perokok agar berhenti merokok memang sulit. Yang bisa kita lakukan adalah menghindari perokok aktif dan pasif. Berikut ini adalah cara untuk menghindari perokok aktif dan pasif :
Jangan merokok & hindari merokok
Rokok sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh kita terutama untuk paru-paru dan jantung. Makadari itu jangan merokok dan hindarilah rokok. Dan jika ada yang menawarkan rokok pada kita, jangan sampai tertarik untuk mencobanya karena itu tidak baik untuk kesehatan kita.
Menjauhi orang yang sedang merokok
Jika didekat kita ada orang yang sedang merokok sebisa mungkin kita menghindarinya supaya kita terhindar dari asap rokok. Dan bagi orang yang suka merokok jangan merokok ditempat umum karena asapnya akan dengan mudah terhirup oleh orang lain dan itu sangat berbahaya.
Sebisa mungkin kita tidak menghirup asaprokok
Menghirup asap rokok sangat berbahaya untuk kesehatan kita, dan itu merupakan hal yang bisa membuat kesehatan kita terganggu dan bisa menimbulkan penyakit didalam tubuh kita secara perlahan.
Mengkonsumsi makanan dan minuman penetralisir asaprokok
Contoh makanan dan minuman yang dapat menetralisir asap rokok adalah :
Seafood
Seafood yang kaya omega 3 yang dapat memperbaiki fungsi paru-paru di antaranya : ikan salem (salmon), ikan teri, tuna sirip biru, tuna sirip kuning, ikan sarden, ikan forel (trout), kepiting, ikan kerapu (cod), kerang, lobsters, ikan nila, dan udang.
Kedelai
Kedelai dapat memperbaiki fungsi paru-paru dan mengurangi serangan penyakit sesak nafaskronis. Flavonoid yang terdapat dalam makanan kedelai bertindak sebagai anti-peradangan pada paru-paru serta dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang menyebabkan kanker bagi para perokok.
Makanan Kaya Antioksidan
Brokoli, apel, serta sayur dan buah lainnya yang kaya antioksidan bisa membantu memperbaiki dan melindungi paru-paru. Satu studi telah menunjukkan bahwa paru-paru orang yang mengkonsumsi lebih dari 5 apel dalam seminggu berfungsi lebih baik dari paru-paru mereka yang sama sekali tidak mengkonsumsi apel.
Air Putih
Air putih akan membantu untuk mengeluarkan racun dan nikotin yang telah terakumulasi dalam tubuh setelah bertahun-tahun merokok.
Semoga bermanfaat (Soraya DayantiPutri)

Sumber :
http://health.okezone.com/read/2012/04/26/482/619290/perokok-aktif-pasif-risikonya-sama
http://sehat-secara-alami.blogspot.com/2012/07/bahaya-perokok-pasif-dan-perokok-aktif.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Perokok_pasif
http://life.viva.co.id/news/read/69076-bahaya_perokok_pasif_3_kali_perokok_aktif
http://www.lamankongsi.com/2012/03/bahaya-perokok-pasif-berbanding-perokok.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar