Welcome To My Blog :)

Senin, 18 Maret 2013

Gerakan Menanam Pohon


Saat ini, permasalahan lingkungan hidup sudah sangat kompleks.Permasalahan tidak terbatas pada kondisi sosialnya, namun juga pada komponenlingkungan lainnya. Permasalahan yang ada mulai dari ketersedian air bersih,sanitasi, polusi, kemacetan, sampai kepada berkurangnya ruang terbuka hijau.Oleh karena itu diperlukan adanya upaya penghijauan dengan gerakan penanaman1000 pohon, 10000 pohon, dan sejuta pohon. Gerakan ini sangat mudahuntuk dilakukan. Cukup kita tanam 1 atau 2 pohon setiap orang. Kita bisa tanamdi halaman rumah, pekarangan belakang rumah atau di pinggir jalan lingkungankita. Apabila kita tidak mempunyai halaman, bertanam di pot juga boleh, yangpenting bisa untuk mengurangi emisi gas karbon.
Penghijauan merupakan salah satu usaha penataaan lingkungan denganmenggunakan tanaman sebagai materi pokoknya. Tumbuhan dan air akan dapatmengurangi panas melalui evapotranspirasi yang di lakukan. Udara alami yangbersih sering di kotori oleh debu, baik yang dihasilkan karena kegiatan alami,ataupun kegiatan manusia. Dengan adanya penghijauan, partikel padat yangtersuspensi pada lapisan biosfer bumi, akan dapat di bersihkan oleh tajuk pohonmelalui proses jerapan dan serapan. Dengan adanya mekanisme ini, jumlah debuyang melayang-layang di udara akan menurun. Partikel yang melayang-layang diudara akan terjerap (menempel) pada permukaan daun, dan sebagian lagi akanterserap masuk kedalam ruang stomata daun. Ada juga partikel yang menempel padakulit pohon, cabang dan ranting.
Beberapa manfaat penghijauan, yaitu;
Manfaat estetis (keindahan)
Pohon memiliki beberapabentuk tajuk yang khas, sehingga menciptakan keindahan tersendiri. Oleh karenaitu, apabila di susun secara berkelompok dengan jenis yang sama padamasing-masing kelompok dapat menciptakan keindahan atau suasana yang nyaman.
Manfaat Orologis
Akar pohon dan tanahmerupakan satu kesatuan yang kuat, sehingga mampu mencegah erosi ataupengikisan tanah.
Manfaat Hidrologis
Dalam hal ini dimaksudkan bahwa tanaman pada dasarnya akan menyerap air hujan. Dengan demikian,banyaknya kelompok pohon-pohon akan menjadikan daerah sebagai daerah persediaanair tanah yang dapat memenuhi kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya.
Manfaat Klimatologis
Dengan banyaknya pohon,akan menurunkan suhu setempat, sehingga udara sekitarnya akan menjadi sejuk dannyaman. Maka, kehadiran kelompok pohon-pohon pelindung sangat besar artinya.
Manfaat Edaphis
Ini manfaat dalam kaitantempat hidup binatang. Dilingkungan yang penuh dengan pohon, satwa akan hidupdengan tenang karena lingkungan demikian memang sangat mendukung.
Manfaat Ekologis
Lingkungan yang baikadalah seimbang antara struktur buatan manusia dan struktur alam. Kelompokpohon atau tanaman, air, dan binatang adalah bagian dari alam yang dapatmemberikan keseimbangan lingkungan.
Kehidupan pohon-pohon yang memberikan kebutuhan oksigen bagimanusia semakin terancam karena adanya perbuatan manusia yang tidak memahamipengelolaan pohon-pohon yang ada. Untuk itu, sebagai rasa peduli kita untukmenjaga kelangsungan kehidupan kita, mari kita bangun Program Menanam SejutaPohon. (Soraya Dayanti Putri)

Sumber :

http://www.scribd.com/doc/44587113/PENGERTIAN-LINGKUNGAN
http://www.perspektifbaru.com/wawancara/659
http://green.kompasiana.com/penghijauan/2013/02/26/gerakan-tanam-pohon-sebaiknya-dimulai-dari-diri-sendiri-537248.html
http://www.dephut.go.id/files/l_p68_06.pdf
http://muhammadiqbal.wordpress.com/2007/11/23/world-climate-change-gerakan-menanam-sejuta-pohon/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar