Welcome To My Blog :)

Senin, 18 Maret 2013

Defisit Air Bersih Di Bumi


Air bersihadalahs alah satu jenis sumber daya alam berbasis air yang bermutu baik danbiasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukanaktivitas sehari-hari.
Komposisi air dibumi adalah 70% dari total permukaan bumi dengan jumlah kira-kira 1,4ribu jutakilometer kubik, namun hanya sebagian kecil saja dari jumlah ini yang dapatbenar-benar dimanfaatkan yaitu kira-kira hanya 0,003%.
Sebagian besarair (kira-kira 97%) ada dalam samudera atau laut, dan kadar garamnya terlalutinggi sehingga tidak dapat langsung dimanfaatkan. Dari 3% sisanya yang ada(kira-kira87%), tersimpan dalam lapisan kutub atau sangat dalam di bawah tanah.
Persediaan airbersih di bumi semakin berkurang dengan adanya dampak dari pemanasan global.Pemanasan global menyebabkan melelehnya es, glasier dan salju yang seiringwaktu akan menambah parah kelangkaan air di berbagai belahan dunia.
Satu per enamdari penduduk dunia saat ini bergantung pada lelehan glasier dan tutupan saljuuntuk air minum dan irigasi pertanian sehingga dengan melelehnya es tersebutjumlah cadangan air otomatis berkurang dan mengakibatkan air bersih semakinlangka. Berdasarkan hasil studi tahun 2006, Asia diperkirakan akan kehilangan90% sumber air bersih akibat perubahan iklim terkait global warming.
Akibat daripersediaan air bersih di bumi yang semakin berkurang menimbulkan berbagaimasalah diantaranya :
Meningkatnya Jumlah Penyakit Diare
Peningkatan suhubumi 1 derajat celsius menyebabkan jumlah penderita diare meningkat 8%. Saatini terdapat 4 milyar kasus diare setiap tahunnya dan 2,2 juta kematian akibatdiare. Artinya jika suhu bumi meningkat 1 derajat celcius, maka akanadatambahan 320 juta kasus dan 176 ribu.
Keributan Antar Negara
Keributanmasalah air bersih bisa terjadi dalam suatu negara, kawasan, ataupunberdampakke benua luas karena penggunaan air secara bersama-sama. Di Afrika,misalnya,lebih dari 57 sungai besar atau lembah danau digunakan bersama oleh duanegara atau lebih; Sungai Nil oleh sembilan, dan Sungai Niger oleh 10 negara.Sedangkan di seluruh dunia, lebih dari 200 sungai, yang meliputi lebih dariseparo permukaan bumi, digunakan bersama oleh dua negara atau lebih.
Mungkin hinggasaat ini kita masih sering membuang-buang air bersih dan tak pernah berpikirkemana air bersih itu pergi dan apakah bisa kembali lagi nantinya. Kita tidakpernah berpikir bagaimana kedepannya karena kita hanya tahu bahwa "kitabebas menggunakan air" tanpa memperhatikan bahwa masih banyak orang lainyang lebih membutuhkan air bersih daripada kita.
Setelah kitamengetahui bahwa air memenuhi bumi hingga 70% akan tetapi dengan jumlahtersebut air bersih yang bisa dimanfaatkan hanya 0.003% saja kemudian jumlahtersebut berkurang dengan adanya pemanasan global, so what will you do now? Howif in the future there is no clean water? (Soraya Dayanti Putri)

Sumber:
http://dosbok.blogspot.com/2012/12/kelestarian-sumber-air-minum-air-bersih.html
http://warta.unair.ac.id/warta.1314.html
http://www.ut.ac.id/html/suplemen/ling1111/masalah%20sda.htm
http://www.ristek.go.id/index.php/module/News+News/id/10873
http://www.unisosdem.org/article_detail.php?aid=1471&coid=2&caid=40&gid=5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar