Welcome To My Blog :)

Senin, 18 Maret 2013

Beragam Manfaat Minyak Zaitun


Minyak Zaitun atau Olive Oil adalah minyak yang diperoleh dari buah zaitun yaitu pohon tradisional dari basin Mediterania. Kandungan minyak zaitun yang bisa diperoleh untuk kesehatan tubuh sangat banyak, karena minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak tak jenuhnya yang tinggi, khususnya asam lemak tak jenuh dengan ikatan rangkap tunggal yang di dalamnya terdapat asam oleat (Omega 9) dan juga asam linoleat (Omega 6) dengan kadar 65-85%. Dalam sebuah penelitian yang diujikan, minyak zaitun mengandung kaya dengan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, dan zat besi.
Beberapa manfaat minyak zaitun dalam bidang kesehatan, antara lain :
Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Minyak zaitun bekerja dengan memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan mengatur kolesterol dengan menekanLDL (kolesterol jahat) dan membiarkan HDL (kolesterol baik). Berdasarkan riset yang diterbitkan oleh Annals of internal Medicine, para ahli di Eropa menemukan bahwa minyak zaitun extra virgin dapat membantu menurunkan tingkat risiko serangan jantung karena kandungan antioksidan nabatinya yang sangat tinggi.
Melawan Kanker
Minyak zaitun dapat mereduksi kerusakan sel(kerusakan ini dapat memicu kanker). Fenol dalam minyak zaitun extra virgin bertindak sebagai antioksidan pencegah penyakit untuk menghambat proses kanker dan asam oleat diperkirakan mencegah penyebaran tumor.
Menghilangkan Artritis
Minyak zaitun juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan tulang. Minyak zaitun yang dikonsumsi dalam campuran makanan sehari-hari memiliki efek antinyeri dengan melumasi sendi dan mencegah pembengkakan. Minyak ini menghasilkan prostaglandin yakni suatu zat pencegah pembengkakan dan nyeri.
Mencegah Diabetes
Sebagian besar kandungan minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal. Hal ini membuat minyak zaitun bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah serta risiko diabetes tipe 2.
Menghentikan Rasa Nyeri
Minyak zaitun mengandung oleokantal yang dapat mencegah radang, mirip dengan penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan obat antiradang lainnya. Minyak zaitun yang digunakan untuk obat oles luka lecet, luka sobek, dan gangguan yang berisiko menimbulkan radang, bengkak, dan nyeri.
Mencegah Pikun
Asam lemak tak jenuh tunggal menjaga struktur sel dan membran dalam otak, sehingga membantu mencegah hilangnya ingatan.
Mencegah Osteoporosis
Minyak zaitun membantu penyerapan kalsium yang diperlukan untuk mencegah pengeroposan tulang.
Memperkuat Tubuh dalam Melawan HIV
Asam maslinat (produk alami yang disarikan dari minyak buah zaitun yang mengkal) diperkirakan dapat memperlambat penyebaran HIV. Minyak zaitun mengkal dapat menurunkan penyebaran HIV dalam tubuh sampai 80%. Zat ini menghambat serinprotease (enzim yang digunakan HIV untuk menyebarkan infeksi ke seuruh tubuh).
Beberapa manfaat minyak zaitun dalam bidang kecantikan, antara lain :
Digunakan sebagai masker untuk wajah
Minyak ini mengandung zat linoleic acid yang merupakan sebuah zat yang mampu menjaga air menguap. Sehingga, zat ini amat baik untuk digunakan sebagai pelembab kulit.
Digunakan sebagai penyubur rambut
Minyak zaitun akan membantu menyuburkan rambut sehingga membuatnya hitam dan lebat. Hal ini pula yang konon dipraktikkan oleh Cleopatra di masa lalu.
Melembabkan kulit
Minyak zaitun bisa melembabkan wajah kering dan mulai berkeriput. Hal tersebut tidak lain karena buah zaitun yang mengandung minyak sebesar 15 persen sehingga mampu melembabkan kulit dengan baik. Di sisi lain, kelembaban tersebut akan menjaga elastisitas kulit sehingga meminimalkan munculnya keriput dini.
Merawat kesehatan kulit
Dengan menggunakan minyak zaitun, kulit tubuh akan terjaga kelembabannya dan terlihat lebih bercahaya. Minyak zaitun juga berkhasiat untuk mempertahankan bentuk serta kekencangan payudara. Sedangkan untuk tangan dan kaki, minyak zaitun dapat juga digunakan untuk mengurangi kulit yang menebal pada telapak kaki, mempertahankan kehalusan kulit, serta menguatkan kuku.
Semoga Bermanfaat (Soraya Dayanti Putri)

Sumber :
http://www.uniknih.com/2012/06/manfaat-dan-rahasia-minyak-zaitun-untuk.html
http://www.thibbun.com/thibbun-nabawi/rahasia-dan-manfaat-minyak-zaitun.html
http://infosehatz.blogspot.com/2012/10/manfaat-minyak-zaitun-untuk-kesehatan.html
http://e-lifestylenews.blogspot.com/2012/10/manfaat-minyak-zaitun-untuk-kesehatan.html
http://blog.wawancoys.com/2012/12/manfaat-minyak-zaitun.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar