Welcome To My Blog :)

Senin, 18 Maret 2013

Zat Kimia Berbahaya dalam Kosmetik


Idealnya, kosmetik berfungsi untuk mempercantik wajah dan menyehatkan kulit. Namun apa yang terjadi jika Anda menggunakan kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya? Selain dapat menyebabkan kulit menjadi rusak, kandungan berbahaya dalam kosmetik juga dapat menyerap ke dalam kulit dan darah sehingga membahayakan kesehatan Anda.
Para remaja yang mulai menggunakan make up lebih rentan terhadap kerusakan kulit akibat bahan kimia dalam kosmetik. "Kebanyakangadis yang beranjak remaja memiliki ritual ber-make up setiap harinya, make up dipakai tebal sehingga mereka terkena paparan bahan kimia berbahaya. Dan ini adalah kabar buruk bagi kesehatan gadis remaja '' ujar Campaigner Stacy salahseorang peneliti dari The Environmental Working Group.
Berikut ini zat-zat berbahaya yang perlu dihindari saat Anda berbelanja kosmetik :
Methyl / Propyl / Butyl / Ethyl Paraben
Kandungan ini berguna untuk mencegah perkembangan bakteri sehingga produkkosmetik dapat awet dan tahan lama. Walau telah banyak diketahui mengandung toxic berbahaya, kandungan ini tetap digunakan secara di luas di berbagai merk kosmetik.
Imidazolidinyl Urea dan Diazolidinyl Urea
Kedua zat kimia ini merupakan pengawet yang paling banyak digunakan selain Paraben. Kandungan utamanya ialah formaldehyde yang seringkali dipakai untuk mengawetkan jenazah. Bahan ini memang mampu mengawetkan komposisi dalam kosmetik, namun terbukti berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.
Sodium Lauryl Sulfate
Lazim digunakan dalam produk shampoo dan detergen, fungsinya untuk menghasilkan busa yang melimpah. Bahayanya, kandungan dapat menyebabkan iritasi mata dan kulit, kerontokan rambut, ketombe, serta reaksi alergi.
Stearalkonium Chloride
Bahan kimia ini banyak dipakai dalam conditioner dan krim rambut, namun dapat menyebabkan reaksi alergi. Stearalkonium chloride juga terbuat dari bahan yang sama dengan yang digunakan di produk pelembut kain.
Triethanolamine (TEA)
TEA digunakan dalam kosmetik yang memiliki fungsi untuk menyeimbangkan kadar asam pH dan sebagai bahan pembersih wajah. TEA dapat menyebabkan reaksi alergi, iritasi mata, serta kekeringan pada kulit dan rambut. Jika dibiarkan menyerap ke dalam tubuh dalam jangka waktu lama, TEA dapat menjadi racun bagi tubuh.
Merkuri
Zat Merkuri (raksa) banyak ditemukan di produk kecantikan yang fungsinya memutihkan kulit. Banyak juga ditemui pada produkseperti mascara. Penggunaan bahan ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti alergi, iritasi kulit, kerusakan saraf, dan sebagainya.
Talc
Talc merupakan bahan kimia beracun yang digunakan dalam kosmetik seperti eye shadow, blush, deodoran, sabun, dll untuk menyerap kelembaban. Zat bersifat sebagai karsinogen manusia dan juga diketahui menyebabkan kanker ovarium dan tumor paru-paru.
Partikel Nano
Partikel Nano khususnya zinc oxide dantitanium dioxide biasanya digunakan dalam lotion tabir surya dan krim. Partikel ini dengan mudah dapat menembus kulit dan menghancurkan sel-sel otak.
Petroleum Distillates
Bahasa lainnya parafin cair adalah produk yang berasal dari destilasi minyak bumi. Banyak digunakan dalam banyak kosmetik seperti mascara, bubuk bau kaki, dll. Sifatnya carcinogen bagi tubuh manusia.
Coal Tar
Coal Tar (tar batubara)merupakan bahan kimia berbahaya lainnya yang umum digunakan di produk anti ketombe dan krim anti gatal. Ditemukan bahwa bahan kimia ini bersifat carcinogenic ketika masuk di bawah kulit.
BPOM meyakini bahwa terdapat banyak kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya dan terlarang masih beredar di masyrakat luas jadi berhati – hatilah dalam memilih produk kosmetik.
Jangan hanya melihat merk dari suatu produk karena kosmetik yang mahal belum tentu aman untuk digunakan, selidiki terlebih dahulu bahan yang dikandung oleh produk kosmetik yang akan  dibeli, pastikan bahwa produk tersebut aman untuk digunakan. Jangan pernah korbankan kesehatan Anda hanya untuk tampil cantik yang sifatnya sementara. Lebih baik gunakan cara yang natural untuk merawat kecantikan Anda. (Soraya Dayanti Putri)

Sumber :
http://www.balipost.co.id/mediadetail.php?module=detailberitaminggu&kid=24&id=27406
http://www.doktercantik.com/308/daftar-kosmetik-berbahaya-bpom-2012.html
http://www.tabloidbintang.com/gaya-hidup/kesehatan/54818-6-bahan-kimia-berbahaya-dalam-kosmetik.html
http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=130546
http://greenmommyshop.wordpress.com/2011/07/02/daftar-bahan-berbahaya-pada-kosmetik-dan-produk-perawatan-tubuh/
http://artikel-herbal.thifaonline.com/kosmetik-berbahaya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar