Welcome To My Blog :)

Senin, 18 Maret 2013

Tempat Sampah Paling Canggih


Mungkin andasudah sangat biasa mendengar dan melihat tempat sampah yang biasa-biasa saja.Tetapi apakah anda pernah meihat atau paling tidak mengetahui info mengenaitempat sampah yang canggih? Perkembangan teknologi di abad 20 ini memang sangatberkembang pesat. Semakin tinggi kebutuhan manusia maka perkembangan teknologipun semakin dituntut agar dapat memudahkan siapa saja dalam melakukan segalakegiatan.
Perkembanganteknologi yang selalu diperbincangkan biasanya perkembangan teknologi gadget,otomotif, serta alat transportasi. Tapi, saat ini ada perkembangan teknologiyang melirik pada kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan itu identikdengan sampah. Nah, tahukah anda bahwa banyak sekali teknologi yang diterapkanpada tempat sampah?
Ada beberapatempat sampah yang sudah berteknologi canggih dimana telah didesain secaramodern dan memiliki fungsi yang sangat luar biasa. Adapun tempat sampah berteknologi tinggi ini diantaranya :
Touchless Automatic TrashCan
Tempat sampah ini dilengkapi dengansensor infrared, sehingga tempat sampah initerbuka secara otomatis selama kitaberada pada posisi 6 inci dari sensor.Setelah 3 detik tempat sampah tidakmerasakan sensor, slide pada tempat sampahini akan tertutup secara otomatis.
Barcode Trashcan
Alat ini adalah sebuah tempat sampahpintar yang dilengkapi dengan barcode. Bagi anda yang belum mengerti apa itu barcode, barcodeadalah kode (yangbiasanya berupa garis tegak lurus) yang bisa digunakan untuk mempermudah prosesidentifikasi suatu barang. Aplikasi barcode paling banyak ditemui disupermarket atau swalayan untuk mempercepat proses pelayanan. Si pelayantinggal mengarahkan sensor ke arah barcode dan harga akan segera tampildilayar.
Expanding Office Bin
Tempat sampah ini didesain menggunakanbahan yang bersifat elastis dimana tempat sampah ini akan mengembang apabilasampah yang ada didalamnya cukup penuh.
Ovetto Bin
Arsitek Italia Gianluca Soldi, yangsangat terlibat dalam lingkungan hidup, merancang Ovetto Bin ($ 255) untukmembuat daur ulang yang lebih mudah dan lebih terorganisasi. Ia menawarkan tigadivisitersendiri untuk berbagai jenis daur ulang. Setiap komponen memilikipintuuntuk tas removal dan penutup untuk menurun sampah, serta warna-warnayangberbeda untuk menempatkan sampah yang masuk. 
Armstrong Bin
Tempat sampah ini didesain untukmemampatkan volume produksi sampah kita setiap hari. Nama Armstrong Bin berasaldari manusia pertama yang mendarat di bulan, sepertianda akan mendaratkansampah pertama anda di sini.
Minus Trash Can
Perancang asal Turki, Cem Tutuncuoglumemiliki ide cemerlang untuk menjauhkan tikus-tikuspengincar aroma busuk dari dapur.Dengan kreativitasnya ia berhasil menciptakanMinus Frozen Garbage Container.Tempat sampah ini didesain untuk menjaga sampahorganik agar tetap berada dibawah suhu nol derajat sehingga tidak mengalamipembusukan dan mengeluarkanaroma busuk.
Renew Bins
Dikutip Info Teknologi dari Daily Mail,selainberfungsi sebagai tempat sampah, Renew bin mempunyai dua layar LCD dikeduasisinya yang menampilkan berita finansial, info saham, dan juga infobreaking news. The Renew bins juga memiliki kemampuan Wifi yang membuatareadisekitarnya menjadi area ‘hotspot’.
Renew bins sudah terpasang sebanyak 25buah di jalan kota London dan jumlahnya akan bertambah lagi 75 buah sampai ajangOlimpiade2012 dimulai. Total biaya untuk pembuatan dan pemasangan tempat sampahcanggih ini adalah sebesar £30.000(sekitar 425 juta rupiah) yang dananyaberasal dari investasi pemerintah kotaLondon dan juga para pengusaha lokal.
Disebutkan kotalain seperti New York, Tokyo danSingapura tertarik untuk memilikinya dan sedangdalam tahap negoisasi pembelian Renew bins. Lalu untuk Jakarta ? Diperkirakanbilapun dipasang maka besarkemungkinan dalam beberapa hari pasti sudah hilangdigondol maling. (Soraya Dayanti Putri)
Sumber :
http://aksesdunia.com/2012/6-tempat-sampah-keren-berteknologi-tinggi/
http://situsaja.blogspot.com/2012/04/6-tempat-sampah-ber-teknologi-tinggi.html
http://www.priagoenks.com/2012/02/teknologi-terbaru-tempat-sampah-pintar.html
http://unik-aneh.lintas.me/go/situsaja.blogspot.com/6-tempat-sampah-ber-teknologi-tinggi/
http://mr-annom.blogspot.com/2012/02/tempat-sampah-yang-dilengkapi-dengan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar