Welcome To My Blog :)

Selasa, 20 November 2012

Bab IX Spektroskopi NMR


Spektroskopi resonansi magnetik nuklir (NMR (NUCLEAR MAGNETIC RESONANCE)) memberikan gambaran mengenai jenis atom, jumlah, maupun lingkungan atom hidrogen maupun karbon. Spektroskopi NMR didasarkan pada penyerapan gelombang radio oleh inti-inti tertentu dalam molekul organik, apabila molekul tersebut berada dalam medan magnet yang kuat.

Pergeseran Kimia :

1. Kegunaan yang besar dari resonansi magnet inti adalah karena tidak setiap proton dalam molekul beresonansi pada frekuensi yang identik sama.
2. Setiap proton dalam molekul dikelilingi elektron, sehingga menimbulkan sedikit perbedaan lingkungan elektronik dari satu proton dengan proton lainnya.
3. Proton-proton dilindungi oleh elektron-elektron yang mengelilingi, di dalam medan magnet, perputaran elektronelektron valensi dari proton menghasilkan medan magnet yang melawan medan magnet luar yang digunakan.
4. Besarnya perlindungan tersebut tergantung pada kerapatan elektron yang mengelilinginya. Makin besar kerapatan elektron yang mengelilingi inti, maka makin besar pula medan yang dihasilkan yang melawan medan luar yang digunakan (Bo). Akibatnya inti/ proton merasakan adanya pengurangan medan yang mengenainya.
5. Setiap inti atau proton dalam molekul mempunyai lingkungan kimia yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar