Welcome To My Blog :)

Sabtu, 06 Juli 2013

CPT PLI 101 Kerusakan hutan dikota Malang

Salah satu factor yang menyebabkan perubahan akan iklim di kota malang ini dengan adanya kerusakan hutan hutan ataupun alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian. Kepala kantor Lingkungan Hidup Jawa Timur Bambang Parianom mengatakan, untuk memulihkan kondisi hutan pihaknya mengajak masyarakat setempat melakukan penanaman kembali atau reboisasi. Serta menambah jumlah hutan kota di daerah tersebut.

“Ya nanti ada sisi untuk resapan untuk ruang terbuka hijau, satu sisi untuk jogging track, untuk orang jalan-jalan ya. Hutan kota sekaligus, konsepnya untuk itu. Disamping untuk menunjang rancangan perda tentang lingkungan hidup,” ujar Bambang. 
Bambang Parianom menambahkan, saat ini tengah disiapkan sejuta pohon untuk kawasan hutan lindung. Tujuannya untuk mencegah bencana banjir dan tanah longsor. Kerusakan hutan juga menyebabkan puluhan sumber air mati.

Akibat dari kerusakan hutan dikota malang ini sangatlah fatal seperti pemanasan suhu dikota malang, berkurangnya daerah hijau sebagai resapan air dan terjadinya banjir, bahkan dalam sebuah berita menyebutkan bencana banjir yang melanda dua desa di Kabupaten Malang disebabkan kerusakan hutan di kawasan selatan Malang. Banjir bandang menyebabkan 1.700 rumah terendam air. 

Diperkirakan banjir kiriman berasal dari 10 meliputi Desa Klepu, Sekarbanyu, Harjokuncaran, Sumber Agung, Tambak Asri, Kedung Banteng, Tegal Rejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan tiga desa di Kecamatan Dampit yakni Sukodono, Bumirejo Timur, dan Sumbersuko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar