Welcome To My Blog :)

Sabtu, 25 Mei 2013

Jurnal 29 HUBUNGAN KONDISI FISIK RUMAH DAN LINGKUNGAN SEKITARNYA DENGAN KEJADIAN MALARIA DI DESA JERANGLAH KECAMATAN KAYU KUNYIT KABUPATEN BENGKULU SELATAN


Oleh: E L V I   H A Y A N I

Malaria masih merupakan masalah kesehatan di Indonesia. Kejadian malaria disebabkan adanya kontak manusia dengan nyamuk malaria dan didukung oleh kondisi perumahan dan lingkungan yang kurang baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan risiko kondisi fisik rumah dan lingkungan sekitar rumah dengan kejadian malaria di Desa Jeranglah Kecamatan Kabupaten Bengkulu Selatan.
Penelitian ini dilakukan dalam bentuk survei lapangan yang bersifat observasional dengan pendekatancase control. Variabel-variabel bebas adalah kondisi fisik rumah antara lain : ventilasi, langit-langit, dinding. Kondisi lingkungan sekitar rumah antara lain: semak-semak, parit atau selokan, dan kandang ternak. Dapat disimpulkan bahwa kondisi fisik rumah dan lingkungan sekitar rumah menunjukkan adanya hubungan yang bermakna terhadap kejadian malaria maka disarankan adanya penyuluhan bagi masyarakat serta perbaikan dan kebersihan pada kondisi fisik rumah dan lingkungan sekitar rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar